Sabtu, 18 Mei 2024

Yonmarhanlan I Gelar Pengamanan Kapal Perang India

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) I yang tergabung dalam tim pengamanan kapal asing Lantamal I mengamankan Kapal Perang India INS Kulish P-63 di dermaga Pelindo 103 Belawan, Medan, Sumatera Utara.

Mengutip keterangan dari Pasmar I, Selasa (13/6), bertandangnya kapal perang India ke Indonesia dalam rangka penutupan Patroli Koordinasi India-Indonesia (Patkor Indindo) ke-40 2023.

Baca Juga: Batalyon Zeni Tempur 10/JP/2 Kostrad Gelar Latihan 9 Kemampuan Zeni

Kegiatan itu merupakan kerja sama bilateral Patkor Indindo-40/23 yang digelar untuk mempererat hubungan bilateral Indonesia-India, sekaligus menjaga stabilitas keamanan di kawasan Perairan Andaman sebagai pintu masuk Selat Malaka.

Dalam patroli tersebut, TNI AL mengirimkan KRI Tengku Umar-385 dan pesawat udara MPA CN-235 P-8301.

Komandan Yonmarhanlan I Mayor (Mar) Irwan Abidin, mengatakan pengamanan INS Kulish P-63 adalah bagian dari tugas Yonmarhanlan I sebagai satuan pertahanan pangkalan.

Baca Juga: 4.508 Personil Gabungan TNI-Polri Akan Amankan Laga Indonesia-Palestina

Menurutnya, hal itu dilakukan untuk memastikan obyek vital di bawah tanggung jawab Lantamal I bebas dari segala bentuk ancaman.

“Yonmarhanlan I melaksanakan fungsi sebagai satuan pertahanan Pangkalan yang meliputi pertahanan semua obyek Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) I dari segala bentuk ancaman,” kata Irwan.

“Seperti pengamanan obyek vital atau fasilitas yang menjadi tanggung jawab Lantamal I, dalam hal ini Kapal Perang INS Kulish P-63 atau fasilitas dan obyek milik TNI AL lainnya,” tutup dia. (un)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER