Sabtu, 27 April 2024

Prajurit Dislambair Asah Kemampuan Khusus Underwater Cutting and Welding

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Koarmada II melaksanakan latihan Underwater Cutting dan Welding di Ponton Lumba-lumba Koarmada II, Surabaya, Rabu (24/5).

Latihan yang berlangsung selama tujuh hari, yakni dari 15-24 Mei tersebut dipimpin langsung oleh Kadislambair Kolonel Laut (T) Yudha Pia R.

Di medan tugas, Underwater Cutting dan Welding diaplikasikan untuk memindahkan objek di bawah air ataupun rintangan yang dapat mengganggu jalannya operasi.

Baca Juga: Tiga Pembekalan Pembinaan Teritorial di Perbatasan untuk Prajurit Yonif 3 Marinir

Oleh karena itu, kata Yudha, kemampuan tersebut harus senantiasa dipelihara dan ditingkatkan. “Sehingga selalu siap sedia di dalam melaksanakan tugas yang dibutuhkan sewaktu-waktu,” katanya dikutip dari keterangan Dispen Koarmada II.

Penyelam Dislambair
(Foto: Dok. Dispen Koarmada II)

Yudha pun menjelaskan, penyelam TNI AL mempunyai sejumlah tugas pokok, seperti Harbour Clearance, Deep Diving and Salvage, dan Quick Response Search an Rescue (SAR) Diver.

Mengenal Dislambair

Korps penyelam Dislambair merupakan organisasi tertua yang pembentukannya diperintahkan langsung oleh Presiden Soekarno, dan tidak terhitung operasi penyelamatan yang sudah pernah mereka lakukan.

Baca Juga: Kodim 0502 Jakarta Utara Raih Rekor MURI Bangun Museum Pertama dari Peti Kemas

Di masa awal dibentuknya pada 1952, korps penyelam ini menyandang nama Dinas Penyelamatan dan Pengangkatan (DPP). Posisinya ada di jajaran Skuadron Dinas Ranjau (Skadron 10). Kemudian pada 1961, DPP berganti nama menjadi Komando Penyelamatan Bawah Bawah Air (KPBA) yang berada di bawah Komando Daerah Maritim IV (Kodam 4).

Lima tahun kemudian, pada 12 Juli 1966, KPBA diubah menjadi Komando Utama Penyelamatan Bawah Air (Kopebal), salah satu tugasnya adalah membina Pasukan Katak (Paska). Baru pada 1 Agustus 1998 Kopebal berganti nama menjadi Dislambair TNI AL. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Warga Jatiwaringin Antusias Saat Wing Komando I Kopasgat Bagikan Jumat Berkah

Wing Komando I Kopasgat membagikan nasi box kepada masyarakat daerah Jatiwaringin, Pondok Gede, Bekasi, Jumat (26/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER