Sabtu, 27 April 2024

97 Taruna AAL dan Dua KRI Dilibatkan di Latsitarda Nusantara

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Sebanyak 97 taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) serta KRI Banjarmasin-592 dan KRI Surabaya-591 dilibatkan dalam Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara di Sumatra Barat, pekan ini. 

Dikutip dari keterangan Dispenal, Selasa (23/5), pelaksanaan Latsitarda tahun ini melibatkan 1.309 peserta yang terdiri dari 356 taruna dan taruni Akademi Militer (Akmil), 97 AAL, dan 113 Akademi Angkatan Udara (AAU).

Latsitarda Nusantara
KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali, KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman, dan KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo hadir dalam pembukaan Latsitarda Nusantara. (Foto: Dok. Dispenal)

Kemudian, juga diikuti 269 taruna dari Akademi Kepolisian (AKPOL), 100 IPDN, 40 Poltek BSSN dan 100 mahasiswa perguruan tinggi di Sumatra Barat serta 234 orang pengasuh.

Baca Juga: Terima Kunker Pangkogabwilhan I, Kolonel Pnb Sigit Jelaskan Tugas dan Fungsi Kewilayahan Lanud SMH

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, saat pembukaan kegiatan tersebut menyampaikan tujuan Latsitarda adala memberikan pembekalan kepada para taruna dan taruni serta mahasiswa sebagai kader pemimpin di masa depan.

“Harapannya mereka dapat bersinergi dalam menjalankan tugas-tugas di masa depan nantinya dan latihan ini dititikberatkan pada integrasinya”, kata Yudo.

Latsitarda Nusantara
Atraksi Drumband Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL dalam pembukaan Latsitarda Nusantara. (Foto: Dok. Dispenal)

Latsitarda Nusantara dilaksanakan mulai dari 19 Mei-8 Juni di lima kotamadya wilayah Provinsi Sumatra Barat. Dalam pelaksanaannya, akan dilakukan berbagai kegiatan, seperti program pengabdian, bakti sosial, bakti kesehatan, dan penyuluhan kepada masyarakat.

Baca Juga: Begini Cara Marinir Atasi Rintangan untuk Rebut dan Kuasai Tumpuan Pantai

Terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali yang juga hadir dalam pembukaan Latsitarda, menekankan soliditas TNI serta sinergitas dengan elemen bangsa menjadi salah satu prioritas.

“Bagi prajurit Jalasena, menjalin soliditas TNI dan terus membangun sinergitas dengan Polri, kementerian maupun lembaga serta pemerintah daerah mutlak dilakukan dalam pelaksanaan tugas negara,” ujar Ali. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER