Senin, 6 Mei 2024

Begini Cara Marinir Atasi Rintangan untuk Rebut dan Kuasai Tumpuan Pantai

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Para prajurit Batalyon Zeni (Yon Zeni) 2 Marinir melaksanakan latihan satuan dasar di Daerah Latihan Asembagus, Situbondo, Jawa Timur, Selasa (23/5).

Dikutip dari keterangan Dispen Kormar, dalam skenario latihan, para prajurit peleton Zeni Tempur (Zipur) bergerak taktis di medan operasi.

Satu persatu rintangan yang dipasang musuh di tumpuan pantai untuk menghalangi gerak maju pasukan kawan dihancurkan, sehingga manuver pasukan pendarat tak lagi terhalangi.

Baca Juga: Kisah Anak Penggali Kubur dan Tukang Ojek yang Jadi Prajurit TNI AD

Pada latihan kali ini, peleton Zipur diperbantukan ke satuan manuver pasukan pendarat, yakni mulai bergerak melakukan pendaratan bersama gelombang terencana.

Peleton Zipur bertugas menghancurkan rintangan buatan maupun alam yang dibuat oleh musuh untuk menghalangi gerak maju pasukan dan dengan cepat, satu regu penerobos menghancurkan rintangan menggunakan Bangalore Torpedo.

Kemudian, Zipur membuat lorong lorong yang akan digunakan untuk manuver pasukan kawan, baik dari Infanteri, Kavaleri maupun Artileri serta bantuan tempur, agar bisa terus bergerak maju menyerang dan menghancurkan untuk merebut daerah musuh.

Baca Juga: Terima Kunker Pangkogabwilhan I, Kolonel Pnb Sigit Jelaskan Tugas dan Fungsi Kewilayahan Lanud SMH

Terpisah, Komandan Batalyon Zeni (Danyon Zeni) 2 Marinir Letkol (Mar) Samsul Arif, menekankan agar mengikuti latihan sesuai prosedur dan selalu mengutamakan faktor keamanan dalam setiap kegiatan.

“Latihan ini untuk menjadikan prajurit yang tangguh dan profesional. Prajurit hebat adalah yang prajurit yang semangat berlatih dan terlatih,” ujarnya. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Peringatan HUT ke-72 Kopassus

Upacara peringatan HUT ke-72 Komando Pasukan Khusus (Kopassus) berlangsung di Lapangan Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta, Selasa (30/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER