Jumat, 26 April 2024

Bertemu Macron, Jokowi Dorong Alih Teknologi PT Len-Thales, Kebut Pembuatan 13 Radar?

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron di Jepang, Minggu (21/5) kemarin. Dalam pertemuan itu, keduanya membahas sedikitnya empat hal, salah satunya soal pertahanan.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Senin (22/5), dalam bidang pertahanan dan alat utama sistem senjata (alutsista), Jokowi menyambut baik rencana joint venture PT Len Industri (Persero) dan Thales.

Baca Juga: Gantikan Mayjen Nur Alamsyah, Aspotmar KSAL Kini Dijabat Mayjen Markos

“Mari terus dorong alih teknologi, transfer pengetahuan dan produksi bersama,” ujar Jokowi.

Joko Widodo, Emmanuel Macron
(Foto: Dok. Kemlu)

Sebelumnya, dilansir dari CNN Indonesia, PT Len dan Thales menandatangani kesepakatan untuk memproduksi 13 unit radar Ground Controlled Interception (GCI) pada 17 Mei 2022 lalu, di Prancis.

Baca Juga: Menhan Prabowo Tawarkan Beasiswa untuk Para Santri Masuk Unhan

Dikutip dari laman PT Len, radar GCI yang dilengkapi command and control ini adalah salah satu alutsista utama yang berfungsi sebagai ‘mata’ pertahanan.

Jangkauan radar CGI bisa mencapai 450 km. Radar tipe ini berperan memberikan pengawalan pada pesawat pencegat maupun pesawat buru sergap dalam menjalankan misi. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER