Jumat, 29 Maret 2024

Panglima TNI Yudo Dianugerahi Gelar Adat Dayak

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dianugerahi gelar adat dayak oleh Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalimantan Tengah. 

Mengutip keterangan Pusat Penerangan TNI, Jumat (31/3), penganugerahan itu diterima Yudo saat melakukan kunjungan kerja ke wilayah Kodam XII/Tanjungpura. Prosesi penganugerahan langsung dipimpin oleh Ketua Umum DAD Kalimantan Tengah, Agustiar Sabran di Bandara Tjilik Riwut, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Kamis (30/3). 

Gelar adat dayak yang dianugerahkan kepada Yudo yakni Mantir Hai Panambahan, Antang Randan Karambang Pulau Mandereh Danum, Hambulat Nusa Hapamantai Tambun, Tisan Nyaruntai Paluru Barantai, Tisan Mandui Asep Sandawa Laut. Gelar tersebut berarti Panglima TNI adalah warga kehormatan masyarakat adat Dayak seorang yang gagah, berani, disegani, arif, bijaksana, ahli strategi, mampu menjaga pertahanan dan keamanan serta keutuhan NKRI.

Baca Juga: Akhir Maret 2023 Panglima TNI Mutasi 219 Perwira, Ini Daftar Lengkapnya

Pemberian gelar pada Yudo ditandai dengan penyematan pakaian serta hiasan kepala khas dayak. Agustiar Sabran mengungkap, gelar yang diserahkan pada Yudo tersebut merupakan penghargaan dari masyarakat adat Dayak kepada Panglima TNI yang mengemban tugas menjaga keamanan dan kedaulatan negara. (un)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER