Selasa, 28 Mei 2024

Ukraina Klaim Pasukannya Berhasil Maju Secara Signifikan di Bakhmut

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Ukraina mengklaim pasukannya berhasil maju secara signifikan, merebut sejumlah area di Bakhmut, salah satu area tempur utama dalam konflik dengan Rusia selama sepekan terakhir.

Dilansir dari Reuters, Kamis (18/5), juru bicara komando militer timur Ukraina Serhiy Cherevatyi menyebutkan bahwa pasukannya telah memukul mundur Rusia, yang terus melakukan serangan dan mengirim unit baru.

“Kami berhasil melakukan operasi pertahanan, serangan balik dan selama hari ini unit kami telah menembus hingga 500 meter di beberapa bagian,” kata Cherevatyi.

Baca Juga: Cina Kirim Dua Kapal Perang ke Pasifik Barat untuk Latihan Tembak

Ia menambahkan, kondisi di medan konflik tidak terlihat adanya tanda-tanda pasukan Rusia kekurangan amunisi, bertentangan dengan pernyataan Yevgeny Prigozhin, kepala kelompok tentara bayaran Wagner yang memimpin serangan di Bakhmut.

“Musuh berusaha untuk mengambil alih kota, menyerang dengan semua sistem dan kaliber. Mereka mengirimkan unit-unit baru di sana (ke Bakhmut), terutama pasukan terjun payung,” ujar Cherevatyi.

Baca Juga: Pertama Kali, Satelit Pengintai Militer Korut Segera Diluncurkan

Pertempuran di Bakhmut sendiri dianggap Rusia sebagai batu loncatan untuk mencapai kota-kota lain di wilayah Donbas Ukraina yang masih berada di luar kendalinya. Banyak pihak intelijen yang memperkirakan, korban tewas maupun terluka dari kedua negara telah mencapai ribuan.

Presiden Volodymyr Zelenskiy juga menyebut konflik dengan Rusia terus berkelanjutan di beberapa wilayah. Ia pun semakin giat mempererat dukungan dari sekutu dengan berkunjung ke beberapa negara, seperti Prancis, Inggris hingga Jerman. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER