Senin, 4 Maret 2024

Cina Kirim Dua Kapal Perang ke Pasifik Barat untuk Latihan Tembak

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Sebanyak dua kapal perang Cina dilaporkan telah bertolak ke wilayah Pasifik Barat. Hal ini dilakukan setelah kapal induk Cina juga berlayar di wilayah perairan yang sama untuk melakukan patroli.

Dilansir dari Reuters, Rabu (17/5), Angkatan Laut China menyatakan bahwa kapal perusak tipe 055 Dalian dan kapal fregat berpeluru kendali tipe 054A Huangshan telah berlayar ke Pasifik Barat untuk latihan tembak-menembak. Wilayah itu disebut ideal untuk latihan serangan karena berada di tengah samudera lepas.

Baca Juga: Rusia Klaim Tembak Jatuh Rudal Storm Shadow Ukraina

“Pelatihan bersama di perairan asing dan kompleks sangat penting dalam mengeksplorasi batas-batas keefektifan peralatan baru, menguji penerapan praktis metode peperangan baru,” kata Angkatan Laut Cina.

Latihan itu dilakukan segera setelah kapal induk Shandong kembali ke pelabuhan asalnya usai berlayar di sekitar Pasifik Barat.

Baca Juga: Jet Tempur Su-27 Rusia Cegat Pesawat Patroli Jerman dan Prancis di Laut Baltik

Song Zhongping, seorang komentator militer menilai langkah Cina itu sebagai bagian dari meningkatkan postur militer ke wilayah yang lebih jauh dari teritorialnya. Dimana sebelumnya, mereka telah melakukan patroli selama berhari-hari di Laut Cina Selatan.

“Akan ada lebih banyak perjalanan laut jarak jauh seperti ini di masa depan. Cina memiliki cukup banyak kapal perang,” kata Zhongping. (bp)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER