Senin, 4 Maret 2024

Pertama Kali, Satelit Pengintai Militer Korut Segera Diluncurkan

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Korea Utara (Korut) dilaporkan telah mempersiapkan satelit pengintai militer yang segera diluncurkan untuk pertama kalinya. Satelit itu disebut merupakan bentuk komitmen Angkatan Bersenjata dalam memperkuat pertahanan dari segala kemungkinan ancaman, khusunya Kota Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS).

Dilansir dari KCNA, laman resmi pemerintahan Korut, Rabu (17/5), Presiden Kim Jong Un menginspeksi secara langsung persiapan satelit pengintai militer tersebut. Ia juga disebut telah memberikan lampu hijau kepada Komite Persiapan Peluncuran Satelit Tidak Tetap untuk segera merealisasikan tujuan utama pembuatan satelit.

Baca Juga: Jet Tempur Su-27 Rusia Cegat Pesawat Patroli Jerman dan Prancis di Laut Baltik

“Pemimpin (Kim) memeriksa satelit pengintaian militer No. 1, yang sudah siap menjalani pemeriksaan terakhir dan uji coba meluncur ke lingkungan luar angkasa,” kata laman Korut itu.

Dalam kesempatan itu, Kim menegaskan kembali kebutuhan strategis negaranya untuk memiliki satelit mata-mata militer. Menurutnya, Korut akan menggunakan haknya untuk mempertahankan diri dan mencegah meningkatnya konfrontasi dari negara tetangganya, Korsel dan AS.

Baca Juga: Cina Kirim Dua Kapal Perang ke Pasifik Barat untuk Latihan Tembak

“Satelit mata-mata sangat diperlukan karena imperialis AS dan Korea Selatan meningkatkan gerakan konfrontatif mereka melawan Korut,” ujarnya.

Pemerintahan Kim memang seringkali menyatakan sikap tegas dalam menghadapi AS maupun Korsel yang disebutnya sebagai konfrontasi. Diketahui kedua sekutu itu semakin meningkatkan latihan militer bersama di sekitar Semenanjung Korea. (bp)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER