Selasa, 5 Maret 2024

NATO Pertegas Komitmen Kirim Senjata ke Ukraina

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Negara-negara anggota NATO kembali menegaskan komitmen bantuan terhadap Ukraina, di tengah munculnya kekhawatiran atas dukungan dari Amerika Serikat (AS) yang menipis.

“Sekutu menegaskan kembali tekad untuk mendukung jalan Ukraina menuju NATO dan mendukung mereka dalam membela negaranya,” kata Sekjen Jens Stoltenberg melansir laman resmi NATO, Rabu (29/11).

Baca Juga: Iran Finalisasi Pembelian Pesawat Tempur Rusia

Ia menjelaskan, komitmen NATO itu berkaitan dengan bantuan dana, pusat pelatihan baru untuk pilot Ukraina, dan penyediaan lebih banyak pertahanan udara maupun amunisi.

“Hal ini membantu menyelamatkan nyawa warga Ukraina dan mengirimkan pesan ke Rusia bahwa dukungan kami tidak akan goyah,” jelasnya.

Baca Juga: Pesawat Militer AS V-22 Osprey Jatuh di Laut Lepas Jepang

Kekhawatiran meningkat mengenai masa depan dukungan Barat khususnya AS terhadap Ukraina ketika jenderal Kyiv menyebut konflik telah mencapai “jalan buntu” pada beberapa waktu lalu. Kendati demikian, Presiden Zelensky membantah klaim tersebut dan tetap optimis menghadapi konflik yang memasuki bulan ke-20 tersebut.

Zelensky pun terus mendorong sekutu untuk menambah bantuan senjata khususnya sistem pertahanan udara di tengah meningkatnya serangan drone Rusia. Sementara, AS telah memberi lebih dari $40 miliar bantuan keamanan kepada Ukraina dan berjanji tetap mendukung selama diperlukan. (bp)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER