Kamis, 22 Februari 2024

Pesawat Militer AS V-22 Osprey Jatuh di Laut Lepas Jepang

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Sebuah pesawat militer milik Amerika Serikat (AS) V-22 Osprey jatuh di laut lepas pantai selatan Jepang. Otoritas penjaga pantai Jepang kini masih melakukan operasi SAR terhadap delapan orang awak pesawat tersebut.

Dilansir dari AP, Rabu (29/11), kecelakaan terjadi sekitar pukul 14.47 waktu setempat, dengan saksi mata mengatakan bahwa mesin kiri pesawat tampak terbakar saat terjun bebas ke laut. Belum diketahui Osprey itu merupakan armada dari pangkalan AS wilayah mana, namun diduga lepas landas dari Iwakuni ke Okinawa.

Baca Juga: Korut Klaim Satelit Militernya Berhasil Memotret Wilayah Penting di Amerika Serikat

“Rincian tentang apa yang terjadi pada Osprey, sebuah pesawat tiltrotor yang dapat berfungsi sebagai helikopter dan pesawat turboprop, serta penumpang di dalamnya belum diketahui,” kata juru bicara penjaga pantai Jepang Kazuo Ogawa.

Ogawa menjelaskan, pihaknya menerima panggilan darurat dari sebuah kapal nelayan di dekat lokasi jatuhnya pesawat di lepas pantai Yakushima. Mereka pun segera menindaklanjuti laporan itu dan dikonfirmasi bahwa pesawat yang jatuh merupakan V-22 Osprey.

Baca Juga: Iran Finalisasi Pembelian Pesawat Tempur Rusia

Pada bulan Agustus lalu, pesawat Osprey juga pernah jatuh di lepas pantai Australia utara saat mengangkut pasukan selama latihan militer rutin, yang menewaskan tiga Marinir AS. Kecelakaan lainnya terjadi di lepas pantai Okinawa pada bulan Desember 2016, yang menyebabkan pesawat itu dilarang terbang sementara. (bp)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER