Kamis, 22 Februari 2024

Iran Finalisasi Pembelian Pesawat Tempur Rusia

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Wakil Menteri Pertahanan Iran Mehdi Farahi mengatakan bahwa pihaknya telah finalisasi kesepakatan pengiriman pesawat tempur Sukhoi Su-35 dengan Rusia. Kesepakatan ini merupakan wujud mempererat hubungan militer antara keduanya.

Dilansir dari Reuters, Rabu (29/11), laman berita nasional Iran Tasnim melaporkan bahwa perjanjian itu dilakukan untuk menambah armadanya setelah perang Iran-Irak tahun 1980-1988. Selain itu, Rusia disebut siap menjualnya usai berakhirnya pembatasan pembelian senjata konvensional terhadap Iran berdasarkan Resolusi PBB 2231 pada Oktober 2020.

Baca Juga: Zelensky Sebut Ukraina Butuh Sistem Pertahanan Udara, Lindungi Jalur Ekspor Gandum

“Kesepakatan telah diselesaikan untuk pesawat tempur Sukhoi Su-35, helikopter serang Mil Mi-28, dan jet latih Yak-130 untuk bergabung dengan unit tempur Angkatan Darat Iran,” kata Farahi.

Iran saat ini memiliki pesawat tempur tempur MiG dan Sukhoi Rusia yang berasal dari era Soviet dan beberapa pesawat Cina seperti F-7. Iran juga memiliki pesawat tempur tua lainnya buatan Amerika Serikat (AS) yaitu F-4 dan F-5 yang diperoleh sebelum Revolusi Islam 1979.

Baca Juga: Korut Klaim Satelit Militernya Berhasil Memotret Wilayah Penting di Amerika Serikat

Sebelumnya, Iran mengatakan telah memulai produksi pesawat tempur Kowsar yang dirancang secara lokal untuk digunakan oleh angkatan udara pada tahun 2018. Tetapi muncul banyak spekulasi bahw pesawat itu merupakan salinan dari F-5, yang pertama kali diproduksi di AS pada tahun 1960an. (bp)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER