Selasa, 21 Mei 2024

Putin Tunjuk Seorang Ekonom untuk Gantikan Menhan Shoigu

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Presiden Rusia Vladimir Putin mencopot Sergei Shoigu dari jabatannya sebagai Menteri Pertahanan, dan mengusulkan mantan Wakil Perdana Menteri Andrei Belousov, yang mahir di bidang ekonomi, untuk menduduki posisi tersebut.

Dilansir dari Kremlin.ru, Senin (13/5), Putin telah menandatangani dekrit untuk mentransfer Shoigu menjadi Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia, yang awalnya dijabat oleh Nikolai Platonovich Patrushev.

Baca Juga: Pertempuran Sengit di Rafah Paksa 110.000 Warga Palestina Mengungsi

“Menunjuk Sergei Kuzhugetovich Shoigu sebagai Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia. Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditandatangani,” tulis dekrit presiden tersebut.

Perombakan kepemimpinan itu terjadi usai Rusia meluncurkan operasi di Ukraina selama lebih dari dua tahun. Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan perubahan itu masuk akal karena Rusia sedang mendekati situasi seperti Uni Soviet pada pertengahan 1980an, ketika otoritas militer dan penegak hukum menyumbang 7,4% dari
Produk Domestik Bruto (PDB).

Baca Juga: Sukses Uji Coba, Korut akan Kerahkan Peluncuran Roket Ganda Jenis Baru

Sehingga menurut Peskov, Rusia perlu memastikan pengeluaran militer tersebut lebih terintegrasi ke dalam perekonomian negara secara keseluruhan. Itulah sebabnya Putin kini menginginkan seorang ekonom untuk menduduki jabatan sebagai menteri pertahanan.

“Orang yang lebih terbuka terhadap inovasi adalah orang yang akan menang di medan perang,” kata Peskov melansir Reuters. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER