Senin, 20 Mei 2024

Rusia Siap Hadapi Barat Jika Ingin Perang di Ukraina

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Rusia siap jika negara-negara Barat ingin berperang demi Ukraina. Hal itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada beberapa waktu lalu.

“Jika mereka (Barat) ingin menyelesaikan konflik di Ukraina di medan perang, maka solusinya akan dilakukan di medan perang,” kata Lavrov melansir Tass, Selasa (14/5).

Baca Juga: AS Sebut Serangan Israel ke Rafah Tidak akan Lenyapkan Hamas

Ia pun kembali menegaskan bahwa Rusia siap untuk bernegosiasi secara nyata. Menurutnya, Rusia telah menunjukkan niat untuk ‘selangkah lagi’ mengakhiri konflik di Ukraina ketika perundingan dengan mediator di Kota Istanbul, Turki pada Maret 2022.

“(Selama perundingan) di Istanbul, kami memang selangkah lagi menandatangani dokumen awal untuk mengakhiri operasi militer khusus dengan syarat yang kini diakui oleh perwakilan Ukraina sangat bermanfaat. Analis politik kita juga mengatakan demikian dan saya setuju dengan hal itu,” ujarnya.

Baca Juga: PBB Pastikan Jumlah Korban Tewas di Gaza Hampir 35.000

Namun, ia menyebut bahwa perundingan tersebut merupakan terakhir kalinya bagi Rusia mempercayai adanya niat dari pihak terkait. Sebab, menurutnya Rusia kembali ‘disesatkan’ hingga kesepakatan gagal diraih.

“Kami kembali disesatkan sehingga mereka memaksa kami untuk melakukan perlawanan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, ia menilai perundingan perdamaian yang akan berlangsung di Swiss bulan depan tanpa melibatkan Pemerintahan Putin, sama saja dengan ultimatum kepada Rusia. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER