Sabtu, 20 April 2024

Kunjungan Persahabatan, Kapal Qi Jiguang Bertolak ke Filipina

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kapal angkatan laut Cina Qi Jiguang (Hull 83), yang sedang menjalani misi kunjungan dan pelatihan kadet, bertolak ke Filipina usai sukses merampungkan kunjungan persahabatan ke Brunei.

Dilansir dari Pna.gov, laman resmi pemerintah Filipina, Jumat (9/6), kapal latih modern (naval training ship) itu akan berlabuh di Manila pada 14 Juni. Kunjungan tersebut dilakukan sebagai wujud hubungan baik yang telah terjalin lama antara kedua negara.

Baca Juga: NATO akan Tempatkan Pasukannya di Swedia

“Ini adalah kapal pelatihan kadet Angkatan Laut Cina, yang akan melakukan kunjungan pelabuhan sebagai bentuk persahabatan ke Manila. Kapal itu telah melakukan kunjungan ke Vietnam, Thailand dan Brunei sebelum Filipina,” kata kedutaan Filipina.

Dalam pernyataan terpisah, Duta Besar Cina Huang Xilian menegaskan kembali komitmen Beijing dan berharap kerja sama kedua negara dapat semakin luas.

“Hari ini, 9 Juni, kami memperingati 48 tahun hubungan diplomatik antara Cina dan Filipina. Terima kasih kepada semua rekan Filipina karena telah menjalin persahabatan dan kerja sama yang akan terus berkembang,” katanya.

Baca Juga: Helikopter Militer Tunisia Jatuh, Empat Tentara Tewas

Kapal Qi Jiguang memiliki panjang 163 meter, lebar 22 meter dan dapat membawa pasukan maupun kargo hingga lebih dari 9.000 ton. Dengan ukuran tersebut, Qi Jiguang menjadi kapal latih terbesar milik Cina.

Kapal ini juga dibekali peralatan dan sistem pertahanan seperti meriam H/PJ-26 kaliber 76 mm dan dua kanon H/PJ-17 kaliber 30 mm. Selain digunakan untuk melatih perwira angkatan laut, Qi Jiguang juga dapat melakukan operasi militer non-perang seperti evakuasi di luar negeri dan bantuan saat bencana. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER