Minggu, 16 Juni 2024

NATO akan Tempatkan Pasukannya di Swedia

BACA JUGA

Jakarta, IDM – NATO berencana untuk menempatkan pasukan gabungannnya di Swedia dalam waktu dekat. Swedia berharap langkah itu dapat mempermudah negaranya bergabung dengan aliansi pertahanan tersebut.

Dilansir dari Reuters, Jumat (9/6), Perdana Menteri Ulf Kristersson dan Menteri Pertahanan Pal Jonson mengungkapkan pernyataan bersama terkait keterbukaan Swedia menerima pasukan NATO. Mereka menilai, keputusan itu akan menjadi awal bagi pasukan Swedia melakukan latihan gabungan dengan negara-negara anggota.

Baca Juga: Pentagon Bantah Laporan Cina Bangun Markas Pengintai di Kuba

“Pemerintah telah memutuskan bahwa Angkatan Bersenjata Swedia dapat melakukan persiapan dengan NATO dan negara-negara anggota untuk memungkinkan operasi bersama di masa depan,” katanya.

Mereka menjelaskan, pangkalan militer NATO akan mulai dibentuk di suatu wilayah yang tidak disebutkan. Penempatan pasukan gabungan itu disebut akan menunjukkan postur pertahanan kuat sekutu terhadap Rusia.

“Persiapannya mungkin terdiri dari pangkalan sementara peralatan dan personel asing di wilayah Swedia. Keputusan tersebut mengirimkan sinyal yang jelas ke Rusia dan memperkuat pertahanan Swedia,” jelasnya.

Baca Juga: Azerbaijan akan Beli Pesawat C-27J Spartan dari Italia

Swedia mengajukan diri untuk bergabung dengan NATO sejak tahun lalu, beberapa bulan setelah Rusia menginvasi Ukraina. Namun, hingga kini Swedia terhambat persetujuan dari Turki.

Sebelumnya, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah menolak aksesi Swedia karena gagal mengekstradisi puluhan tersangka militan Kurdi. Ia menilai bahwa Swedia justru menampung anggota kelompok militan yang dianggapnya teroris. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER