Jumat, 14 Juni 2024

Korut Uji Coba Roket Ganda Baru Berukuran 240 Milimeter

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Korea Utara (Korut) kembali melakukan uji coba senjata baru buatan lokal dalam upaya meningkatkan pertahanan. Kali ini, Korut menguji peluncur roket ganda berukuran 240 milimeter, yang juga diawasi langsung oleh Presiden Kim Jong Un.

Dilansir dari KCNA, laman media pemerintah Korut, Jumat (26/4), peluncur roket itu disebut terdiri dari berbagai teknologi baru, yang diklaim dapat membawa perubahan strategis dalam memperkuat kemampuan artileri militer Korut. Kim pun menyerukan implementasi menyeluruh agar rencana produksi tahun ini tercapai.

Baca Juga: Tingkatkan Risiko Konflik, Cina Peringatkan AS Berhenti Dukung Taiwan

“Melalui uji tembak tersebut, fitur penerbangan, indeks tumbukan dan konsentrasi cangkang yang diproduksi di perusahaan industri pertahanan nasional yang baru didirikan dievaluasi dengan hasil sangat memuaskan,” tulis KCNA.

Korut pertama kali mengenalkan pihaknya sedang mengembangkan peluncur roket 240 mm pada Februari lalu, yang diyakini dapat menargetkan Ibu kota tetangga, Korea Selatan (Korsel).

Baca Juga: Perang Saudara, Penduduk Sudan Alami Kekurangan Pangan Ekstrem Tahun 2023

“Para pengamat menilai Korut tampaknya meningkatkan pengembangan peluncur roket agar dapat dipasok ke Rusia untuk digunakan dalam perang Ukraina, selain meningkatkan uji coba senjata Korut yang menargetkan Korsel,” lapor Yonhap.

Korut dan Rusia semakin mempererat kerja sama militer, usai pertemuan puncak antara Kim dan Presiden Rusia Vladimir Putin pada bulan September tahun lalu. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER