Selasa, 21 Mei 2024

Iran Buka Suara Terkait Isu Serangan Balik Israel

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Iran buka suara terkait ledakan yang bergema di beberapa kotanya, yang digambarkan oleh media sebagai serangan Israel. Ledakan itu disebut belum dapat dikonfirmasi berasal dari pihak asing, yang mengindikasikan bahwa Iran tidak memiliki rencana untuk melakukan tindakan pembalasan.

Dilansir dari Reuters, Jumat (19/4), Otoritas senior Iran menyebut sejumlah ledakan itu diakibatkan oleh pertahanan udara Iran yang menghantam tiga drone di atas kota Isfahan. Khususnya, mereka menyebut insiden itu sebagai serangan yang dilakukan oleh “penyusup”, dan bukan oleh Israel, sehingga tidak perlu adanya pembalasan.

Baca Juga: Balas Iran, Israel Luncurkan Serangan Rudal

“Sumber asing dalam insiden ini belum dapat dikonfirmasi. Kami belum menerima serangan dari luar, dan diskusi lebih mengarah pada infiltrasi dibandingkan serangan,” kata otoritas Iran yang tidak disebutkan namanya tersebut.

Jonathan Lord, kepala program keamanan Timur Tengah di Center for a New American Security, sebuah think tank Amerika Serikat (AS), menilai tanggapan itu “tampaknya menunjukkan bahwa Iran berusaha untuk mundur, meminimalkan dampak serangan itu, dan mungkin berjalan kembali menuruni tangga eskalasi dari sini.”

Baca Juga: Resolusi Diveto AS, Palestina Tidak Bisa Jadi Anggota Penuh PBB

Sementara, Israel hingga saat ini tidak mengatakan apa pun tentang kejadian tersebut. Meskipun, mereka mengaku akan melakukan yang hal yang diperlukan untuk menjaga kedaulatannya, termasuk membalas serangan Iran. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER