Rabu, 12 Juni 2024

Hadapi Tekanan Cina, Filipina Akan Perkuat Latihan Gabungan di Laut Cina Selatan

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Filipina akan terus membangun kerja sama keamanan dan latihan gabungan di Laut Cina Selatan sebagai bentuk unjuk kekuatan dan membangun deterens terhadap Cina.

Dilansir dari AP, Senin (27/5), hal itu diungkapkan oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Filipina Gilberto Teodoro untuk menampik kritik Cina terhadap latihan gabungan dengan sekutu. Ia kembali menegaskan, Filipina tidak akan mentolerir agresi dan tindakan provokatif.

Sejak ketegangan dengan Cina meningkat di Laut Cina Selatan tahun lalu, pemerintahan Ferdinand Marcos Jr. telah mengambil langkah-langkah untuk memperkuat aliansi keamanan dengan sejumlah negara, termasuk mengizinkan lebih banyak personil militer Amerika Serikat (AS) hadir di Filipina.

Baca Juga: Korut Diyakini Bersiap Segera Luncurkan Satelit Pengintai Kedua

Pada bulan April dan Mei lalu, militer Filipina pun menggelar latihan tempur tahunan dengan AS di perairan yang disengketakan tersebut. Menanggapi hal itu, Cina menyebutnya bersifat provokatif dan bertujuan untuk membendung Cina serta membahayakan keamanan regional.

“Menganggap kegiatan kerja sama dengan negara-negara yang berpikiran sama sebagai upaya untuk menahan atau memprovokasi adalah disinformasi dan bukti paranoia terhadap sistem politik tertutup,” kata Teodoro yang mengacu pada Cina.

“Tujuan utama mereka adalah untuk mendapatkan apa yang diinginkan dengan ancaman atau penggunaan kekerasan. Hal ini tidak bisa kami biarkan terus berlanjut,” tambahnya.

Baca Juga: Abaikan Perintah ICJ, Israel Tetap Serang Rafah

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa Filipina telah melakukan latihan gabungan yang ‘realistis’, yang berfokus pada pertahanan teritorial di perairan sengketa.

“Untuk pertama kalinya kami mengembangkan skenario pelatihan realistis dengan skenario hipotetis evolusioner di mana kami benar-benar dapat menguji kemampuan kami. Akan ada lebih banyak aktivitas kerja sama maritim antara kami dan negara-negara yang berpikiran sama,” imbuhnya. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER