Rabu, 12 Juni 2024

Korut Diyakini Bersiap Segera Luncurkan Satelit Pengintai Kedua

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Pihak militer Korea Selatan (Korsel) mengatakan mengklaim telah mendeteksi tanda-tanda bahwa Korea Utara (Korut) sedang mempersiapkan peluncuran satelit pengintai kedua dalam waktu dekat.

Dilansir dari Yonhap, Sabtu (25/5), Joint Chiefs of Staff Korsel mengatakan aktivitas persiapan tersebut terlihat di Dongchang-ri, wilayah barat laut Korut yang merupakan lokasi pusat penelitian dan stasiun roket luar angkasa.

Baca Juga: Zelensky: Ukraina Butuh Sistem Pertahanan Melawan Bom Rusia

“Karena tanda-tanda nyata persiapan peluncuran satelit mata-mata militer Korut baru-baru ini terdeteksi di wilayah Dongchang-ri, otoritas intelijen Korsel dan AS terus memantau dan melacak aktivitas terkait,” katanya.

Selain itu, Korut juga diyakini menambah skala pasukan militer di area tersebut. Peralatan yang digunakan untuk mengukur dan menilai lintasan peluncuran roket pun telah nampak siap siaga.

Baca Juga: Kunjungi Belarusia, Putin akan Bahas Kerja Sama Militer

Persiapan peluncuran itu dilakukan ketika para pemimpin Korsel, Cina dan Jepang akan mengadakan pertemuan puncak trilateral di Seoul pada hari Senin mendatang. Sehingga, menimbulkan spekulasi bahwa Korut mungkin akan mengatur waktu peluncurannya bertepatan dengan pertemuan itu untuk memaksimalkan deterens. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER