Jumat, 14 Juni 2024

Bantu Pelatihan Pilot Ukraina, Norwegia akan Kirim Dua Pesawat Tempur F-16 ke Denmark

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Norwegia akan mengirim dua pesawat tempur F-16 ke Denmark untuk berkontribusi pada pelatihan pilot Ukraina menerbangkan pesawat buatan Amerika Serikat (AS) tersebut.

“Norwegia menghadirkan dua jet tempur F-16 yang akan melatih dan mendidik personel Ukraina di Denmark. Norwegia juga mengirimkan sepuluh instruktur yang akan membantu pelatihan dan pendidikan,” kata Menhan Norwegia Bjorn Arild Gram melansir laman resmi Kemhan Norwegia Regjeringen, Kamis (4/1).

Baca Juga: Perkuat Postur Keamanan, Cina Gelar Patroli Rutin di Laut Cina Selatan

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah mendorong sekutu untuk mengirim dan membantu melatih pilot menerbangkan pesawat tempur F-16. Hal itu dilakukan sebagai upaya memukul mundur Rusia dalam konflik yang telah berlangsung sejak Februari 2022.

Langkah Norwegia ini berarti mengikuti jejak Denmark, Belgia dan Belanda dan juga memutuskan membantu Ukraina dalam mengembangkan kapabilitas Angkatan Udara. Gram menilai, kemampuan independen Ukraina juga akan sangat penting bagi stabilitas dan keamanan Eropa secara keseluruhan.

Baca Juga: Junta Myanmar akan Bebaskan Sekitar 9000 Tahanan atas Dasar Kemanusiaan

“Pilot Ukraina memiliki pengalaman dengan pesawat tempur yang berbeda dan sekarang akan dilatih untuk menggunakan sistem F-16,” kata Gram. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER