Rabu, 12 Juni 2024

Ukraina Klaim Hancurkan Pesawat Su-57 Rusia untuk Pertama Kalinya

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kementerian Pertahanan (Kemhan) Ukraina mengklaim telah berhasil meluncurkan serangan udara dan menghancurkan pesawat tempur ultra-modern Rusia Su-57, yang berada di Pangkalan Udara Akhtubinsk di Astrakhan, Rusia.

“Pada tanggal 8 Juni 2024, sebuah pesawat tempur multiguna Su-57 ditembak jatuh di wilayah pangkalan udara Akhtubinsk di wilayah Astrakhan (Rusia), yang terletak 589 kilometer dari garis depan,” tulis Kemhan Ukraina melalui X, dikutip pada Senin (10/6).

Baca Juga: Indonesia Kirim Pasukan Penjaga Perdamaian PBB Terbesar ke-6, Ini Tugasnya

Kemhan Ukraina juga mengunggah gambar dari satelit yang menunjukkan dampak serangan tersebut. Serangan itu merupakan yang pertama kalinya terhadap Su-57, pesawat tempur siluman bermesin ganda yang diklaim sebagai pesawat militer paling canggih di Moskow.

“Su-57 adalah pesawat tempur paling modern di Rusia, dan hanya ada beberapa unit jet semacam itu yang digunakan oleh tentara musuh,” kata Kemhan Ukraina.

Baca Juga: Korut Kembali Luncurkan Balon Pembawa Sampah ke Korsel, Ini Alasannya

Kendati demikian, tidak disebutkan jenis senjata yang digunakan pasukan Ukraina. Namun, beberapa analis menduga kemungkinan besar pesawat itu terkena serangan drone. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER