Sabtu, 25 Mei 2024

Uji Coba Rudal Balistik Iran Memicu Kekhawatiran Eskalasi Nuklir

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Iran baru-baru ini mengklaim berhasil meluncurkan rudal balistik generai keempat yang diberi nama Khaibar. Uji coba tersebut telah meningkatkan ketegangan global, menyusul pernyataan oleh beberapa petinggi negara mengenai kemungkinan eskalasi nuklir Iran.

Dilansir dari Aero Times, Sabtu (27/5), Menteri Pertahanan Iran Mohammad Reza Ashtiani menyebutkan bahwa rudal Khaibar merupakan rudal tercanggih berbahan bakar cair yang memiliki hulu ledak 1.500 kg. Menurutnya, keberhasilan uji coba itu menunjukkan kemampuan militer Iran yang luar biasa kepada pihak-pihak yang menentang Iran.

“Pesan kami kepada musuh-musuh Iran adalah bahwa kami akan selalu membela negara. Pesan kami kepada teman-teman kami yaitu Iran ingin mempertahankan stabilitas regional,” kata Asthiani.

Baca Juga: Mantan Presiden Rusia Sebut Konflik di Ukraina Dapat Berlangsung Selama Satu Dekade

Kepala Staf Pasukan Pertahanan Israel Herzi Halevi menilai, kapabilitas nuklir Iran menunjukkan peningkatan yang signifiikan dari tahun ke tahun.

“Iran telah membuat lebih banyak kemajuan dalam pengayaan uranium daripada sebelumnya,” kata Halevi.

Sementara, keberhasilan uji coba rudal balistik berjangkauan 2.000 km itu ditanggapi sebagai ancaman global. Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller mengatakan “Pengembangan dan proliferasi rudal balistik Iran menimbulkan ancaman serius bagi keamanan regional dan internasional dan tetap menjadi tantangan non-proliferasi yang signifikan.”

Baca Juga: Menlu Rusia: Ada Hambatan untuk Berdamai dengan Ukraina

Prancis pun memberikan komentar yang serupa dengan AS. Juru Bicara Kementrian Luar Negeri Prancis Anne-Claire Legendre menyebut Iran telah melakukan pelanggaran terhadap resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB.

“Kegiatan ini semakin mengkhawatirkan dalam konteks eskalasi program nuklir Iran yang terus berlanjut”, kata Legendre.

Terlepas dari penentangan dari barat, Iran menegaskan akan selalu mengembangkan program rudal balistiknya berkemampuan nuklir sebagai langkah yang diperlukan untuk pertahanan. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER