Sabtu, 25 Mei 2024

Turki Siap Kerja Sama dengan Mesir untuk Hentikan Konflik di Gaza

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa Turki siap bekerja sama dengan Mesir untuk menghentikan konflik bersenjata di wilayah Gaza sekaligus membantu membangun kembali pemukiman yang hancur.

Dilansir dari Tccb.gov.tr, laman resmi kepresidenan Turki, Kamis (15/2), pernyataan itu diungkapkan setelah Erdogan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi di Kairo. Erdogan mengatakan tragedi kemanusiaan di Gaza menjadi agenda utama pembicaraan tersebut.

Baca Juga: Ribuan Tank Rusak di Medan Tempur, Rusia Perbaiki Tank Tua

“Prioritas kami adalah melakukan gencatan senjata sesegera mungkin untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan ke Gaza tanpa hambatan apa pun. Kami siap bekerja sama dengan Mesir untuk pemulihan dan rekonstruksi Gaza,” kata Erdogan.

Erdogan mendesak negara-negara Islam dan komunitas global, termasuk Dewan Keamanan PBB, untuk menghentikan konflik yang ia sebut sebagai “kegilaan mengarah pada genosida”. Ia pun berterima kasih kepada pihak berwenang Mesir atas upaya mereka memberikan bantuan kemanusiaan di Gaza.

Baca Juga: Korut Uji Coba Rudal Jelajah Baru ‘Padasuri-6’

“Kami membawa lebih dari 700 saudara laki-laki dan perempuan Palestina ke Turki untuk perawatan mereka melalui Mesir,” ujar dia.

Selain itu, Turki juga disebut sedang berupaya mendirikan rumah sakit lapangan di Jalur Gaza, dan bekerja sama dengan Mesir untuk mengoperasikannya sesegera mungkin. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER