Minggu, 26 Mei 2024

Korut Uji Coba Rudal Jelajah Baru ‘Padasuri-6’

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Korea Utara (Korut) mengklaim berhasil uji coba rudal permukaan-ke-laut tipe baru yang diberi nama ‘Padasuri-6’ pada beberapa waktu lalu. Presiden Kim Jong Un mengawasi langsung peluncuran rudal itu dan memerintahkan postur pertahanan yang lebih ketat di perbatasan maritim.

Baca Juga: Bantu Tingkatkan Pertahanan, Afrika Selatan akan Kirim 2.900 Tentara ke Kongo

Dilansir dari KCNA, laman resmi pemerintah Korut, Kamis (15/2), rudal Padasuri-6 terbang di atas Laut Timur selama lebih dari 1.400 detik sebelum mengenai target. Kim disebut puas atas hasil uji coba itu, yang merupakan peluncuran rudal jelajah kelima Korut sejak awal tahun.

“(Kim) memberikan instruksi penting untuk meningkatkan kesiapan militer khususnya di perairan perbatasan utara Pulau Yonphyong dan Pulau Paekryong yang sering diserang oleh kapal perang musuh termasuk kapal perusak, kapal pengawal dan speedboat,” tulis KCNA.

Baca Juga: Ribuan Tank Rusak di Medan Tempur, Rusia Perbaiki Tank Tua

Peluncuran itu dilakukan dua hari sebelum peringatan ulang tahun ke-82 mendiang pemimpin Kim Jong-il, ayah dari Kim Jong-un. Sebelumnya, Korut juga uji coba rudal baru berjenis submarine-launched cruise missile ‘Pulhwasal-3-31’ di Laut Timur. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER