Minggu, 14 April 2024

Swedia akan Kirim Bantuan Militer Senilai $682 juta ke Ukraina

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kementerian Pertahanan (Kemhan) Swedia memutuskan untuk memberi bantuan militer ke Ukraina senilai 7,1 miliar Krona Swedia (sekitar $682 juta), sebagai bentuk dukungan dalam menghadapi konflik bersenjata dengan Rusia.

Bantuan ini akan menjadi yang ke-15 sekaligus dengan nilai terbesar untuk Ukraina, sehingga total bantuan yang diberikan sejak konflik pecah pada tahun 2022 mencapai sekitar 30 miliar Krona Swedia.

Baca Juga: Jepang Perbolehkan Pasukan Militer Miliki Rambut Panjang

“Paket 15 senilai 7,1 miliar krona, ini terdiri dari inisiatif maritim yang mencakup Combat Boat 90s, perahu motor kecil dan cepat (G-boat) dan senjata bawah air. Paket (bantuan) itu juga mencakup amunisi artileri, sistem anti-pesawat, senjata anti-tank ringan, granat tangan, peralatan medis, kendaraan transportasi medis, makanan,” katanya melansir Government.se, laman resmi pemerintah Swedia, Rabu (21/2).

Baca Juga: WHO Berhasil Evakuasi Puluhan Pasien Kritis di Gaza

Selain persenjataan, bantuan itu juga termasuk dukungan finansial untuk mengembangkan kemampuan pertahanan Ukraina. Sebelumnya, Swedia telah mengirimkan sistem artileri Archer, 50 kendaraan tempur lapis baja CV90, sekitar 10 tank Leopard 2 dan sistem rudal anti-udara. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER