Minggu, 26 Mei 2024

Putin Berterima Kasih Pada Rakyat Rusia Atas Dukungan Melawan Pemberontakan Wagner

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Presiden Rusia Vladimir Putin mengucapkan terima kasih kepada pasukan keamanan dan penduduk Rusia karena telah bersatu menentang pemberontakan yang dilakukan oleh kelompok tentara bayaran Wagner pada beberapa waktu lalu.

Dilansir dari Kremlin.ru, laman resmi Kepresidenan Rusia, Selasa (27/6), Putin menyampaikan pidato yang disiarkan ke televisi nasional pada kemarin malam. Dalam rekaman video tersebut, ia menegaskan bahwa langkah yang dilakukan ini sudah tepat demi menghindari “pertumpahan darah.”

Baca Juga: Setelah Pemberontakan Wagner, Menhan Rusia Akhirnya Muncul di Hadapan Publik

“Kepada semua warga Rusia, terima kasih atas kesabaran, solidaritas, dan patriotisme Anda. Terima kasih kepada semua tentara dan staf dinas intelijen yang menghalangi para pemberontak. Sejak awal, atas instruksi langsung saya, langkah-langkah diambil untuk menghindari banyak pertumpahan darah,” kata Putin.

Dia juga berterima kasih kepada Presiden Belarus Alexander Lukashenko karena telah menengahi diskusi dengan komandan Wagner Yevgeny Prigozhin. Lebih lanjut, Putin menjelaskan bahwa ia akan menepati janjinya untuk mengizinkan Prigozhin dan pasukannya pindah ke Belarus. Namun, ia juga membuka kesempatan lain bagi pasukan Wagner jika ingin ikut bergabung dengan pasukan Rusia atau kembali ke keluarga masing-masing.

Baca Juga: Denmark Mulai Latih Pilot Ukraina Terbangkan F-16

“Saya berterima kasih kepada para prajurit dan komandan kelompok Wagner yang membuat satu-satunya keputusan tepat yaitu mereka tidak melakukan pertumpahan darah,” ujarnya.

“Hari ini Anda (pasukan Wagner) memiliki kesempatan untuk terus melayani Rusia dengan menandatangani kontrak dengan Kementerian Pertahanan atau lembaga penegak hukum lainnya, atau untuk kembali ke keluarga. Siapa pun yang mau bisa pergi ke Belarusia. Janji yang saya buat akan dipenuhi. Saya ulangi, pilihan ada di tangan Anda,” tegasnya. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER