Sabtu, 15 Juni 2024

Setelah Pemberontakan Wagner, Menhan Rusia Akhirnya Muncul di Hadapan Publik

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Menteri Pertahanan (Menhan) Rusia Sergei Shoigu akhirnya muncul kembali di hadapan publik dan melakukan inspeksi di sebuah pos komando Rusia. Shoigu muncul tidak lama setelah pemberontakan tentara bayaran Wagner berakhir pada beberapa waktu lalu.

Dilansir dari The Moskow Times, Selasa (27/6), dalam sebuah rekaman video yang dirilis oleh Kemhan Rusia, Shoigu terlihat bergegas menaiki pesawat menuju sebuah pos komando militer Rusia. Akan tetapi, tidak ada suara di video tersebut dan tidak jelas lokasi atau waktu kunjungan itu dilakukan.

Baca Juga: Batal Kudeta Moskow, Pasukan Wagner Kembali ke Ukraina

Menurut Rybar, seorang pengamat perang Rusia, berdasarkan informasi dari pihak tertentu nampaknya video tersebut telah direkam sebelum pemimpin Wagner Yevgeny Prigozhin melakukan pemberontakan.

Sementara, Kemhan Rusia hanya menyebut bahwa Shoigu melakukan kunjungan ke beberapa pos komando untuk mengawasi secara langsung berjalannya operasi khusus di Ukraina.

“Shoigu telah mengunjungi pos komando terdepan di Ukraina untuk mencatat efisiensi tentara Rusia dalam pendeteksian dan penghancuran sistem senjata Ukraina. Shoigu menginstruksikan komandan senior untuk terus melakukan pengintaian aktif untuk mengungkap rencana musuh,” tulis Kemhan Rusia dalam video tersebut.

Baca Juga: Cina Sebut Mendukung Putin Jaga Stabilitas Keamanan di Rusia

Shoigu sendiri telah menghilang dari pandangan publik saat Prigozhin mengirim pasukannya untuk memberontak menuju Moskow pada pekan lalu. Pemimpin Wagner itu telah menuduh Shoigu melarikan diri dari Rostov, salah satu markas Wagner, dan bertanggung jawab atas kematian pasukannya yang dihujani rudal saat berada di medan tempur.

Selain Shoigu, Prigozhin juga menuntut untuk bertemu dengan Jenderal Rusia Valery Gerasimov. Namun, pemberontakan Wagner itu berhenti ketika Putin setuju untuk mencabut tuduhan makar terhadap Prigzohin, yang kini telah diasingkan ke negara tetangga Belarusia. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER