Selasa, 16 April 2024

Pertempuran Semakin Sengit, Ukraina Klaim Rebut Kembali Wilayah Sekitar Bakhmut

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Ukraina mengklaim bahwa pihaknya telah memukul mundur pasukan Rusia dari beberapa wilayah dalam serangan balasan yang berlangsung selama tiga minggu terakhir. Wilayah yang diambil alih itu dilaporkan berada di sekitar Kota Bakhmut.

Dilansir dari Reuters, Senin (10/7), Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan bahwa pasukan negaranya telah “memimpin inisiatif” serangan balasan. Hal itu ia ungkapkan setelah beberapa wilayah di Tenggara, atau sekitar Bakhmut berhasil di rebut kembali dari Rusia.

Baca Juga: Dapat Dukungan dari Turki, Ukraina Ingin Segera Gabung NATO

“Kita semua ingin melihat serangan balasan dilakukan dalam waktu yang lebih singkat. Tapi inilah kenyataannya. Hari ini, kemajuan inisiatif (serangan balasan) berpihak pada kita.”

Sebelumnya, Zelensky mengakui kemajuan di medan tempur berlangsung lebih lambat dari yang dia dan para jenderal inginkan. Namun, kini kemajuan itu telah berpihak pada pasukan Ukraina.

“Kami semua, kami ingin melakukannya lebih cepat karena setiap hari berarti kerugian baru bagi warga Ukraina. Kami terus maju. Kami tidak terjebak,” ujarnya.

Baca Juga: Pembangunan Militer Cina Menimbulkan Kekhawatiran Bagi Australia

Sementara, Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Hanna Maliar mengatakan pertempuran sengit berkecamuk di dua wilayah tenggara. Menurutnya, kemajuan terus pasukan bertambah tetapi Rusia masih menduduki Bakhmut.

“Kami mengkonsolidasikan keuntungan kami di area tersebut,” kata Maliar. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER