Selasa, 25 Juni 2024

Perkuat Interoperabilitas, Cina bersama Iran dan Rusia Gelar Latihan Maritim

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Cina menggelar latihan angkatan laut bersama sekutunya yaitu Rusia dan Iran di Teluk Oman pada 15 sampai 19 Maret 2023. Latihan tersebut dinilai penting untuk meningkatkan kerja sama pertahanan dan menjaga stabilitas perdamaian di kawasan.

Dilansir dari Global Times, Kamis (16/3), Cina akan mengerahkan kapal perusak Nanning dan latihan trilateral itu akan melibatkan berbagai manuver gabungan termasuk skenario tempur baik di siang maupun malam hari. Selain melatih kemampuan angkatan laut, operasi pencarian dan penyelamatan dari udara turut dilakukan untuk memperkuat interoperabilitas antar negara.

“Latihan terbaru akan memperdalam kerja sama pragmatis di antara angkatan laut yang berpartisipasi. Menunjukkan kemampuan mereka dalam menjaga keamanan maritim, secara aktif membangun komunitas maritim dan membawa energi positif bagi perdamaian dan stabilitas kawasan,” ujar Kementerian Pertahanan Cina.

Baca Juga: Australia Tingkatkan Kekuatan Kapal Selam Nuklir melalui AUKUS

Latihan Security Belt 2023 merupakan kelanjutan dari latihan maritim bersama antara Cina, Iran dan Rusia yang telah digelar pada 2019 dan 2022. Teluk Oman dipilih karena merupakan wilayah jalur transportasi laut yang digunakan oleh banyak negara di dunia, sehingga latihan tersebut dinilai memiliki arti positif dalam menjaga jalur laut internasional. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER