Kamis, 30 Mei 2024

Mesir Rancang Proposal Gencatan Senjata di Gaza

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Pemerintah Mesir telah mengajukan proposal gencatan senjata permanen untuk mengakhiri konflik bersenjata antara Israel-Hamas di Gaza. Proposal ini digambarkan sebagai rencana yang ambisius karena bertujuan membentuk perdamaian abadi di wilayah tersebut.

Dilansir dari Al Jazeera, Kamis (28/12), Proposal itu telah diajukan kepada Israel, Hamas, Amerika Serikat (AS) dan perwakilan Eropa pada beberapa waktu lalu. Rencananya mencakup penarikan seluruh pasukan Israel dari Gaza, pembebasan semua tawanan, dan pembentukan pemerintahan Palestina bersatu oleh Hamas dan Otoritas Palestina.

Baca Juga: Dukung Guyana, Inggris akan Kirim Kapal Perang HMS Trent

Sementara, proses pembebasan tawanan diusulkan berlangsung secara bertahap hingga akhirnya tidak ada lagi orang yang disandera. Proses itu diperkirakan dapat berlangsung selama satu bulan.

Selama gencatan senjata berlangsung, Mesir juga akan memimpin pembicaraan untuk menyatukan Hamas dan Otoritas Palestina, yang kemudian akan bersama-sama menunjuk para ahli untuk menjalankan pemerintahan di Tepi Barat dan Gaza.

Baca Juga: Ukraina Klaim Hancurkan Kapal Novocherkassk Rusia

Konflik Israel-Hamas telah memasuki minggu ke-12 dan hampir 21.000 warga Palestina tewas, termasuk lebih dari 8.000 anak-anak. Sementara, masih ada 129 tawanan Israel yang diperkirakan masih ditahan usai konflik pecah pada 7 Oktober lalu. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER