Sabtu, 15 Juni 2024

Korut akan Kembali Luncurkan Satelit Pengintai Militer Tahun Ini

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Korea Utara (Korut) pastikan akan meluncurkan beberapa satelit pengintai militer pada tahun ini, setelah berhasil mengorbitkan satelit pertamanya pada bulan November tahun lalu.

Dilansir dari KCNA, laman media Pemerintah Korut, Selasa (2/4), rencana itu dirumuskan sesuai perintah Presiden Kim Jong Un untuk terus mendorong kapabilitas pertahanan ruang angkasa, khususnya dalam mengawasi negara tetangganya, Korea Selatan (Korsel).

Baca Juga: Korut Luncurkan Rudal Balistik Jarak Menengah

“Keberhasilan peluncuran satelit pengintai Malligyong-1 tahun lalu telah membawa kemajuan besar dalam kemampuan pertahanan nasional dan beberapa peluncuran rencananya juga akan dilakukan pada tahun ini,” Pak Kyong-su, wakil direktur Badan Teknologi Dirgantara Nasional Korut atau NATA.

Ia pun menyebut Korut telah berupaya menggunakan satelit untuk berbagai tujuan non militer, seperti pertanian, pengelolaan lahan, dan pencegahan bencana.

Pernyataan itu muncul usai otoritas militer Korsel mengatakan bahwa Korut telah memasang penghalang untuk mencegah orang luar mengamati lokasi peluncuran satelit Tongchang-ri. Tindakan itu diduga merupakan Indikasi Korut sedang mempersiapkan peluncuran satelit.

Baca Juga: Belarusia Gelar Latihan Militer di Perbatasan Ukraina

Menanggapi hal tersebut, Kementerian Unifikasi Korsel, yang bertanggung jawab atas urusan antar-Korea, mengatakan pihaknya bekerja sama erat dengan Amerika Serikat (AS) untuk terus memantau Korut.

“Terlepas dari tujuan yang diklaim oleh Korut, setiap satelit Korut yang menggunakan teknologi rudal balistik jelas merupakan pelanggaran terhadap resolusi dewan keamanan PBB,” kata Koo Byung-sam, juru bicara Kementerian Unifikasi Korsel melansir Yonhap. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER