Senin, 15 April 2024

Korsel, AS dan Jepang Sepakat Perlunya Tanggapan Tegas Terhadap Korut

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Korea Selatan (Korsel), Amerika Serikat, dan Jepang sepakat mengenai perlunya tanggapan tegas terhadap tindakan Korea Utara (Korut) yang memasok persenjataan dan peralatan militer ke Rusia.

Baca Juga: Iran Dikabarkan Kirim Ratusan Rudal ke Rusia

Dilansir dari The Korea Herald, Jumat (23/2), kesepakatan itu terjalin ketika Menlu Korsel Cho Tae-yul, Menlu AS Antony Blinken dan Menlu Jepang Yoko Kamikawa melakukan pertemuan trilateral di sela-sela G20 di Rio De Janeiro pada beberapa waktu lalu.

Ketiganya menilai perlunya tanggapan tegas terhadap hubungan militer antara Rusia dan Korut melalui koordinasi dengan komunitas internasional. “Kerja sama itu menimbulkan ancaman serius tidak hanya bagi Semenanjung Korea tetapi juga bagi perdamaian dan stabilitas internasional,” tulis ketiga pihak dalam pernyataan bersama.

Baca Juga: Stok Senjata Menipis, Kemampuan Tempur Ukraina Berpotensi Berkurang Mulai Akhir Maret

Kerja sama pertahanan trilateral juga akan diperkuat secara signifikan salah satunya melalui pengoperasian sistem berbagi data real-time terkait aktivitas rudal Korut. Selain itu, ketiganya pun akan mengawasi aktivitas siber ilegal Korut yang semakin marak. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER