Sabtu, 20 April 2024

Iran Dikabarkan Kirim Ratusan Rudal ke Rusia

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Iran dikabarkan telah memasok Rusia sekitar 400 rudal yang sebagian besarnya merupakan senjata balistik jarak pendek sejenis Fateh-110 dan Zolfaghar. Rudal ini mampu menyerang target pada jarak hingga 700 km.

Dilansir dari Reuters, Jumat (23/2), kabar tersebut diungkapkan oleh beberapa sumber yang dirahasiakan identitasnya. Pengiriman rudal itu dimulai pada awal Januari setelah pertemuan antara pejabat militer Iran dan Rusia yang berlangsung di Teheran dan Moskow pada tahun lalu.

Baca Juga: Inggris Gagal Uji Coba Peluncuran Rudal Trident

Kemudian, salah seorang pejabat militer Iran mengatakan setidaknya ada empat pengiriman rudal yang telah dilakukan dan akan ada lebih banyak lagi dalam beberapa minggu mendatang. Sebagian rudal dikirim ke Rusia dengan kapal melalui Laut Kaspia, sementara yang lain diangkut dengan pesawat.

“Akan ada lebih banyak pengiriman. Tidak ada alasan untuk mengelaknya. Kami diperbolehkan mengekspor senjata ke negara mana pun yang kami inginkan,” katanya.

Baca Juga: Bertugas di Jepang, Tentara Angkatan Laut AS Didakwa Melakukan Spionase

Sementara, sumber lainnya membenarkan bahwa Rusia telah menerima rudal dalam kuantitas cukup besar dari Iran baru-baru ini, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Menurut Jeffrey Lewis, pakar di Middlebury Institute of International Studies di Monterey, rudal Fateh-110 dan Zolfaghar adalah senjata yang presisi. Maka, ratusan amunisi Iran itu dapat sangat merusak jika digunakan di Ukraina. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER