Selasa, 25 Juni 2024

Israel Beli 25 Pesawat Tempur F-35 dari AS

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Israel secara resmi telah mengajukan pembelian 25 jet tempur F-35 Lightning II dari Amerika Serikat (AS) pada beberapa waktu lalu. Akuisisi itu diperkirakan mencapai $3 miliar dan akan dibiayai oleh bantuan militer AS ke Israel.

Dilansir dari AA, Kamis (14/9), Angkatan Udara Israel telah memiliki F-35I (versi khusus nasional dari F-35A) sebanyak dua skuadron. Sehingga, pembelian ini akan menjadi skuadron yang ketiga untuk memperkuat pertahanan negara tersebut.

Baca Juga: Korut Luncurkan Dua Rudal Balistik Ketika Kim Jong Un di Rusia

“Israel akan membeli 25 pesawat F-35 dari pemerintah AS, yang diproduksi oleh Lockheed Martin dalam kesepakatan yang mencakup dukungan dan pemeliharaan,” kata Kementrian Pertahanan Israel.

Lebih lanjut, puluhan pesawat canggih itu akan dikirim dalam tiga batch mulai tahun 2027. Israel pun menjadi satu-satunya negara di Timur Tengah yang mengoperasikan pesawat tempur jenis F-35 itu sejak tujuh tahun lalu.

“Biaya pembelian diperkirakan hampir $3 miliar dan akan didanai dari dana bantuan AS,” katanya.

Baca Juga: Pertemuan Kim dan Putin Mengkhawatirkan Banyak Pihak

Sementara, Lockheed Martin dan produsen mesin, Pratt & Whitney, telah berkomitmen untuk melibatkan industri pertahanan Israel dalam pembuatan komponen pesawat yang dibeli tersebut.

Langkah untuk menambah alutsista ini dilakukan saat Israel bersitegang dengan Iran. Sebelumnya, Israel penah menggunakan jet F-35 untuk menembak jatuh drone Iran. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER