Senin, 4 Maret 2024

Israel Akan Beli 25 Pesawat Tempur F-35 Senilai $3 Miliar

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Israel telah menandatangani kesepakatan untuk membeli 25 pesawat tempur F-35 dari Amerika Serikat (AS). Akuisisi itu akan membuat jumlah pesawat tempur Israel meningkat hampir dua kali lipat.

Dilansir dari Gov.il, laman resmi Pemerintah Israel, Senin (3/7) Kementrian Pertahanan (Kemhan) Israel akan akuisisi skuadron ketiga pesawat tempur F-35 dari pemerintah AS dalam kesepakatan senilai $3 miliar.

Baca Juga: Human Right Watch: Ukraina Gunakan Ranjau Darat di Medan Tempur

“Israel akan membeli total 25 pesawat F-35 dari pemerintah Amerika, yang akan diproduksi oleh Lockheed Martin,” bunyi keterangan Kemhan Israel.

Pernyataan tersebut menjelaskan, akuisisi itu akan memperluas armada pesawat siluman Israel menjadi 75 unit. Israel sendiri menjadi satu-satunya negara di Timur Tengah yang mengoperasikan F-35.

Baca Juga: Memasuki Minggu ke-12, Konflik Sudan Terus Berlanjut

“Perjanjian terbaru ini akan memastikan kelanjutan kerjasama antara perusahaan Amerika dan industri pertahanan Israel dalam produksi suku cadang pesawat.”

Langkah untuk menambah alutsista Israel ini dilakukan pada saat ketegangan yang meningkat dengan Iran. Sebelumnya, Israel telah menggunakan jet F-35 untuk menembak jatuh drone Iran, dan mengancam akan melakukan serangan jarak jauh terhadap Iran. Israel pun berusaha memerangi militan pro Iran di negara tetangga, Suriah. (bp)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER