Minggu, 10 Desember 2023

Memasuki Minggu ke-12, Konflik Sudan Terus Berlanjut

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Konflik bersenjata antara tentara Sudan dan Paramiliter Rapid Support Forces (RSF) terus berlanjut usai gencatan senjata pada akhir pekan. Bentrokan ini memasiki minggu ke-12 tanpa terlihat adanya upaya damai.

Dilansir dari Al Jazeera, Senin (3/7), Kota Khartoum dan Kota Omdurman kembali digempur oleh serangan udara dan tembakan artileri usai gencatan senjata saat libur Idul Adha berakhir pada pekan lalu. RSF dilaporkan telah menjatuhkan sebuah drone kamikaze ke markas tentara Sudan di wilayah Bahri yang berada di Utara Khartoum.

Baca Juga: Pentagon: Balon Pengintai Cina Tidak Mengumpulkan Informasi Intelijen

“RSF mengatakan telah menjatuhkan jet tempur tentara Sudan di kota Bahri atau Khartoum Utara,” kata Al Jazeera.

RSF juga mendominasi Ibu Kota Khartoum dan disebut telah menjarah rumah-rumah penduduk, sementara tentara Sudan semakin meningkatan serangan udara dan artileri.

Baca Juga: Human Right Watch: Ukraina Gunakan Ranjau Darat di Medan Tempur

Pertempuran ini dilaporkan telah menewaskan ribuan korban sejak 15 April lalu. Konflik yang menghancurkan banyak infrastruktur penting ini pun telah menimbulkan krisis kemanusiaan. Mayoritas penduduk di kota yang terdampak kekurangan air, listrik hingga bahan pokok.

Meskipun sebelumnya kedua pihak bertikai setuju untuk dimediasi oleh Amerika Serikat dan Arab Saudi, nyatanya hingga kini konflik masih berkecamuk tanpa adanya tanda-tanda menuju perdamaian. (bp)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER