Sabtu, 15 Juni 2024

Diduga Latih Pilot Cina, Jerman Selidiki Sekelompok Mantan Perwira AU

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Sekelompok mantan perwira Angkatan Udara Jerman diduga telah melatih pilot pesawat tempur Cina selama bertahun-tahun. Menanggapi dugaan tersebut, Menteri Pertahanan Jerman Boris Pistorius mengaku telah perintahkan pihak intelijen untuk melakukan penyelidikan.

Dilansir dari Fox News, Sabtu (3/6) Pistorius menjelaskan, penyelidikan sedang berlangsung dan Jerman telah memiliki aturan yang jelas tentang larangan yang harus dihindari oleh perwira setelah mereka meninggalkan keanggotaannya. Aturan itu termasuk menjaga informasi rahasia yang diketahui selama menjadi perwira.

Baca Juga: Pertama kali, AUKUS Gelar Latma Militer Menggunakan Kecerdasan Buatan

“Setiap kasus individu harus diperiksa. Kami melakukannya secara menyeluruh dan semua pelanggaran akan dihukum. Meskipun prajurit memang dapat mengambil pekerjaan lain setelah layanan mereka berakhir, tetapi masih terikat hukum atas beberapa kewajiban,” jelas Pistorius.

Dugaan tersebut muncul berdasarkan laporan dari sebuah majalah berita nasional Der Spiegel dan radio yang mengatakan bahwa setidaknya segelintir mantan perwira Angkatan Udara Jerman melatih pilot Cina dan dibayar oleh perusahaan swasta dalam waktu yang lama.

Baca Juga: Perkuat Pertahanan Komunikasi Ukraina, AS Sepakat Beli Layanan Satelit Starlink

Der Spiegel juga melaporkan beberapa mantan perwira tidak mau memberikan pernyataan terkait dugaan tersebut. Bahkan, beberapa lainnya menolak tuduhan yang tidak terbukti kebenarannya. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER