Jumat, 19 April 2024

Perkuat Pertahanan Komunikasi Ukraina, AS Sepakat Beli Layanan Satelit Starlink

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Amerika Serikat (AS) telah menyepakati kontrak pembelian layanan komunikasi satelit Starlink SpaceX yang akan digunakan oleh pasukan Ukraina di medan tempur.

Dilansir dari Reuters, Jumat (2/6), pembelian layanan komunikasi satelit tersebut merupakan komitmen AS dalam membantu Ukraina memukul mundur Rusia dalam konflik bersenjata yang telah berlangsung selama 16 bulan.

Baca Juga: Malaysia Tahan Kapal Cina yang Jarah Bangkai Kapal Perang era PD II

“Kami terus bekerja dengan berbagai mitra global untuk memastikan Ukraina memiliki satelit tangguh dan kemampuan komunikasi yang mereka butuhkan,” kata Pentagon dalam sebuah pernyataan.

Selama ini, Starlink telah digunakan oleh pasukan Ukraina termasuk komunikasi di medan perang. Melalui program khusus bantuan Ukraina, AS telah memfasilitasi pemerintahan Zelensky akses layanan internet Stralink agar menjaga penduduk sipil tetap terhubung semenjak Rusia menginvasi.

Baca Juga: Pertama kali, AUKUS Gelar Latma Militer Menggunakan Kecerdasan Buatan

“Namun, untuk alasan keamanan operasional dan sifat kritis dari sistem ini, kami tidak memiliki informasi tambahan mengenai kemampuan, kontrak, atau mitra khusus yang dapat disebarluaskan,” ujar Pentagon.

Rusia telah beberapa kali melakukan percobaan sabotase terhadap layanan internet di Ukraina. Bahkan, AS menyebutkan bahwa layanan satelit Starlink pernah coba diblokir oleh pihak intelijen Rusia. Kendati demikian, pihak SpaceX bekerjasama dengan Pentagon untuk memperkuat pertahanan terhadap layanan perangkat lunak tersebut. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER