Rabu, 28 Februari 2024

Pertama kali, AUKUS Gelar Latma Militer Menggunakan Kecerdasan Buatan

BACA JUGA

Jakarta, IDM – AUKUS berhasil menggelar latihan militer bersama (latma) dengan menerbangkan pesawat nirawak yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk pertama kalinya, di landasan udara Upavo, Inggris pada 28 April lalu.

Dilansir dari Defense.gov.au, laman resmi Kementerian Pertahanan Australia, Jumat (2/6) pesawat nirawak tersebut diterbangkan menggunakan kecerdasan buatan yang juga mampu mendeteksi dan mengidentifikasi target secara real-time.

Baca Juga: Lindungi PLT Nuklir, Rusia dan Ukraina Didesak Patuhi Zona Demiliterisasi

“Ini adalah contoh pertama dari kemampuan kecerdasan buatan Australia, Inggris, dan AS yang dikembangkan bersama, digunakan pada sistem koalisi untuk misi intelijen, pengawasan, dan pengintaian,” bunyi pernyataan bersama negara-negara anggota AUKUS.

Dalam dokumen tersebut dijelaskan bahwa anggota AUKUS menilai perkembangan teknologi buatan telah semakin pesat termasuk penggunaannya untuk kepentingan militer. Sejalan dengan itu, sangat penting bagi mereka meningkatkan interoperabilitas untuk menjaga keamanan dan perdamaian di kawasan Asia Pasifik.

Baca Juga: Malaysia Tahan Kapal Cina yang Jarah Bangkai Kapal Perang era PD II

“Lingkungan strategis berkembang pesat, artinya kita harus mengadaptasi teknologi dengan cepat jika ingin mempertahankan keunggulan operasional kita.” (bp)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER