Kamis, 30 Mei 2024

Bukan di Bakhmut, Wakil Menhan Ukraina Sebut Konflik Kini Berfokus di Mariupol

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Konflik bersenjata antara Ukraina dan Rusia dilaporkan menjadi semakin sengit di luar wilayah Bakhmut. Ukraina mengklaim mereka kini beralih fokus untuk memukul mundur pasukan Rusia yang menduduki Kota Mariupol.

Dilansir dari The Guardian, Sabtu (17/6), Wakil Menteri Pertahanan (Menhan) Ukraina Hanna Maliar menyebutkan bahwa pertempuran tidak lagi berfokus di Kota Bakhmut, wilayah timur Donetsk. Melainkan, beralih ke wilayah Selatan seperti Kota Mariupol dan Berdiansk.

“Jika awalnya pusat tempur berada di timur, sekarang kita melihat pertempuran bergerak ke selatan dan daerah yang paling aktif adalah Mariupol dan Berdiansk,” kata Maliar.

Baca Juga: Tempatkan Senjata Nuklir di Belarus, Putin: Sebagai Peringatan untuk Barat

Maliar menjelaskan, peralihan fokus tempur itu terjadi karena pasukan Ukraina telah berhasil memukul mundur pasukan Rusia di Kota Bakhmut. Sehingga, kini saatnya Ukraina memperluas kemenangan di daerah Selatan.

Menurutnya, perbandingan kemajuan di timur dan selatan masih terpaut cukup jauh. Ia mengungkapkan, pertempuran di wilayah timur telah menyebabkan pasukan Rusia tewas sekitar 9 kali lebih banyak dibanding Ukraina.

“Jika kita berbicara tentang kerugian, di sektor Bakhmut, pasukan Rusia sembilan kali lebih banyak terbunuh daripada Ukraina. Sementara di wilayah selatan, pasukan Rusia yang tewas 5,3 kali lebih banyak daripada Ukraina.”

Baca Juga: Korsel Klaim Temukan Puing-puing Rudal Korut

Kendati demikian, Maliar tidak menyebut jumlah spesifik terkait kerugian yang dialami oleh Ukraina. Namun, berdasarkan informasi intelijen Ukraina, Rusia telah mengalami kerugian besar di medan tempur khususnya persediaan senjata dan tank tempur yang semakin menipis.

“Kami tidak mengalami kerugian besar, tapi tentu saja ini adalah perang dan ada kerugian.” (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER