Jumat, 19 April 2024

Bertemu Xi Jinping, Putin Terbuka untuk Perundingan Damai dengan Ukraina

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Cina Xi Jinping menegaskan kembali hubungan bilateral mereka dengan menandatangani kesepakatan strategis sekaligus menyerukan solusi diplomatik terhadap konflik di Ukraina. Meskipun Putin mengaku terbuka untuk melakukan perundingan damai, ia tidak melihat adanya tanda-tanda dari Ukraina maupun sekutu baratnya untuk melakukan hal serupa.

Dilansir dari Wall Street Journal, Rabu (22/3), dalam pernyataan bersama Cina dan Rusia yang sepakati pada Selasa 21 Maret, kemitraan kedua negara tersebut merupakan strategi untuk menghadapi tantangan tatanan dunia yang didominasi oleh Amerika Serikat (AS). Meskipun begitu, mereka menegaskan upaya atau strategi tersebut tidak bersifat konfrontatif.

“Kemitraan tidak bersifat konfrontatif dan tidak ditujukan terhadap negara ketiga. Kami berupaya melakukan percepatan proses pembentukan tatanan dunia yang multipolar,” ujar pernyataan bersama Cina-Rusia.

Baca Juga: NATO Desak Anggotanya Tingkatkan Anggaran Militer Hingga Dua Persen

Pertemuan kedua pemimpin ini menunjukkan adanya upaya Putin memperat dukungan di tengah konflik yang masih memanas di Ukraina. Sebagai salah satu negara dengan perekonomian yang kuat, Cina telah menjadi jalur pemasukan penting bagi Rusia saat menghadapi sanksi Barat. Hubungan kedua negara pun semakin erat dengan disepakatinya kerja sama ekonomi yang berlangsung hingga 2030.

Sebelumnya, Cina telah menggambarkan posisinya yang bersedia untuk menjadi mediator antara Rusia dan Ukraina. Melalui proposal 12 poin perdamaian, Cina percaya konflik yang telah terjadi lebih dari satu tahun itu dapat diakhiri secara diplomatis. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER