Selasa, 27 Februari 2024

NATO Desak Anggotanya Tingkatkan Anggaran Militer Hingga Dua Persen

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO menggelar pertemuan untuk membahas kembali urgensi peningkatan anggaran pertahan di Brussels, Belgia pada Rabu (21/3). Sekjan Nato Jens Stoltenberg, mendesak agar semua anggota sebanyak 30 negara, menyisihkan dana minimal dua persen dari produk domestik bruto (PDB) mereka untuk anggaran pertahanan.

Dalam pertemuan tersebut, Stoltenberg menyerukan untuk mempercepat peningkatan anggaran pertahanan. Hal tersebut ia ungkapkan karena hanya tujuh negara yang mencapai target minimal berdasarkan laporan tahunan NATO.

“Pesan saya kepada negara anggota adalah kami menyambut baik apa yang telah mereka lakukan tetapi mereka perlu bergerak cepat, mereka perlu menggelontorkan (anggaran pertahanan) yang lebih banyak di dunia yang lebih kritis,” ujarnya melansir Nato.int.

Baca Juga: Pamerkan Prototipe, TF-X Turki akan Terbang Perdana Akhir 2023

Anggota NATO terus meningkatkan pengeluaran pertahanan mereka secara keseluruhan sejak konflik Krimea maupun di Ukraina timur pada 2014. Namun Stoltenberg mengatakan bahwa invasi Rusia ke Ukraina tahun lalu menunjukkan keadaan ancaman keamanan semakin kritis dan sekutu NATO harus merespons dengan memenuhi anggaran militer yang lebih besar.

“Tidak ada keraguan bahwa kami perlu berbuat lebih banyak dan kami perlu melakukannya lebih cepat,” ungkapnya. (bp)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER