Selasa, 21 Mei 2024

Air Staff Talk, TNI AU dan Angkatan Udara Prancis Sepakat Tingkatkan Kapabilitas hingga Operabilitas

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI Angkatan Udara (TNI AU) dan Angkatan Udara Prancis atau French Air and Space Force (FASF) menggelar forum Air Staff Talk ke-3 di Yogyakarta, Kamis (18/4).

Dalam pertemuan tersebut, kedua angkatan udara berkomitmen untuk meningkatkan kapabilitas hingga operasional melalui serangkaian kolaborasi dan kerja sama militer.

Baca Juga: Gubernur Akmil Dorong Siswa SMA Taruna Nusantara Jadi Pemimpin yang Gigih dan Tekun

“Kerja sama antar kedua angkatan udara ini membuka pintu bagi pertukaran personel, instruktur, dan materi pendidikan,” tulis TNI AU dikutip Sabtu (20/4).

Delegasi TNI AU dan FASF
Delegasi TNI AU dan FASF menghadiri Air Staff Talk ke-3 di Yogyakarta. (Foto: Dok. Instagram @militer.udara)

Adapun kerja sama yang akan ditingkatkan meliputi kerja sama di bidang pendidikan, latihan bersama, Subject Matter Exchange Expert (SMEE), hingga operasi penerbangan.

“SMEE akan memfasilitasi pertukaran ahli dan spesialis. Sementara itu, latihan bersama dan pertukaran pengalaman dalam operasi penerbangan bertujuan untuk meningkatkan interoperabilitas dan kemampuan operasional kedua angkatan udara,” sambung TNI AU.

Baca Juga: Jelang Latopslagab 2024, Pangkoarmada I Periksa Kesiapan KRI Halasan di Surabaya

Delegasi TNI AU dalam forum Air Staff Talk tersebut dipimpin oleh Wakil Asisten Operasi (Waasops) KSAU, Marsma TNI M. Untung Suropati dengan personel lainnya yakni Kolonel Adm Gusnadi, Kolonel Tek Tunjung, dan Kolonel Pnb Nur Alimi (Atase Udara RI di Paris).

Sementara itu, Brigadir Jenderal Hugues Pichevin bertindak sebagai pimpinan delegasi FASF dengan Letnan Kolonel Adeline L’HULLIER, Kolonel Sven Meic, dan Kolonel (Eng.) Olivier Cam turut hadir sebagai bagian dari delegasi angkatan udara Prancis lainnya. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER