Rabu, 24 April 2024

Pamerkan Prototipe, TF-X Turki akan Terbang Perdana Akhir 2023

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Badan Industri Pertahanan Turki, atau Savunma Sanayii Başkanlığı (SSB), mengumumkan bahwa pihaknya telah sukses melakukan serangkaian uji coba terhadap prototipe jet tempur siluman generasi kelima TF-X National Combat Aircraft (MMU). Dikembangkan oleh industri pertahanan lokal, jet tempur ini diklaim akan memiliki kemampuan seperti F-22 Raptor milik Amerika Serikat (AS).

Dilansir dari Ssb.gov.tr, Selasa (21/3), pembuatan TF-X MMU oleh Turkish Aerospace Industries dimulai dari tahap desain pada Agustus 2016. Rencananya, penerbangan pertama akan dilakukan pada akhir tahun 2023. Kemudian, pada tahun 2030, sebanyak 10 unit akan mulai aktif memperkuat pertahanan Angkatan Udara Turki.

“Dengan Proyek Pengembangan Pesawat Tempur Nasional TF-X, ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pesawat tempur Komando Angkatan Udara pada tahun 2030 dengan menggunakan industri dalam negeri secara maksimal,” ujar SSB.

Baca Juga: Ukraina Klaim Hancurkan 21 Tank dan 23 Ranpur Rusia Dalam Sehari

TF-X MMU diyakini akan memiliki kemampuan untuk menyerang target udara ke udara maupun udara ke darat. Jet tempur ini akan dilengkapi dengan elektro-optik hingga teknologi pemantul radar yang membuatnya sulit terdeteksi. Tak hanya itu, kecanggihan lain yang dimiliki berupa kemampuan identifikasi dan deteksi target otomatis menggunakan kecerdasan buatan. Selain kemampuan tempurnya, jet ini memiliki tampilan yang mirip pesawat tempur siluman F-22 Raptor AS. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER