Selasa, 25 Juni 2024

AS Desak Turki Setujui Keanggotaan Swedia di NATO

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Amerika Serikat (AS) mendesak Turki untuk menyetujui keanggotaan Swedia ke Aliansi Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Semua pihak kecuali Turki sudah memberikan lampu hijau atas aksesi tersebut.

Dilansir dari Al Jazeera, Rabu (31/5) desakan itu diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken saat bertemu dengan Perdana Menteri Swedia Ulf Kristersson di Lulea, Swedia pada Selasa (30/5).

“Kami percaya waktunya sekarang dan tidak ada alasan untuk tidak bergerak maju,” kata Blinken.

Baca Juga: Kerja Sama Militer Meningkat, Cina dan Laos Sukses Gelar Latma Militer

Menurut dia, Swedia telah memenuhi syarat untuk bergabung dengan NATO sejak hari pertama mengajukan permohonan. Pemerintahan Kristersson juga telah mengambil langkah-langkah signifikan untuk mengatasi isu permasalahan dengan Turki.

“Turki telah menyampaikan keprihatinan yang penting dan sah. Swedia dan Finlandia sama-sama menangani keprihatinan itu,” ujarnya.

Blinken menambahkan, pihaknya akan terus berupaya agar aksesi Swedia dapat tepat waktu saat KTT NATO pertengahan Juli mendatang.

Baca Juga: Korsel Desak Kerja Sama Global untuk Menekan Program Rudal Nuklir Korut

“Kami berharap proses ini selesai dalam beberapa minggu ke depan. Kami tidak ragu bahwa itu bisa, dan itu harus dan kami harapkan,” katanya.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah menolak aksesi Swedia karena dinilai gagal mengekstradisi puluhan tersangka militan Kurdi. Ia menilai bahwa Swedia justru menampung anggota kelompok militan yang dianggapnya teroris. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER