Selasa, 16 April 2024

Arab Saudi Siap Gelar Konferensi Perdamaian untuk Ukraina

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kepala staf kepresidenan Ukraina Andriy Yermak mengatakan bahwa pihaknya bersama Arab Saudi sedang mempersiapkan konferensi perdamaian yang akan digelar pada akhir minggu ini. Menurutnya, pertemuan itu akan fokus pada 10 poin perdamaian yang diajukan Ukraina.

Dilansir dari Al Jazeera, Jumat (4/8), konferensi itu akan dihadiri oleh sekitar 30 negara dan berlangsung di Kota Jeddah. Tetapi tidak akan melibatkan perwakilan dari Rusia.

Baca Juga: Masyarakat Ukraina Dipaksa Jadi Warga Negara Rusia, Benarkah?

“Diskusi akan berfokus pada Formula Perdamaian Ukraina, yang berisi 10 poin mendasar, implementasi yang tidak hanya akan memastikan perdamaian untuk Ukraina, tetapi juga menciptakan mekanisme untuk melawan konflik di masa depan,” kata Yermak.

Sebelumnya, Ukraina telah mengajukan formula perdamaian yang menekankan pemulihan integritas teritorial Ukraina, penarikan pasukan Rusia, pembebasan semua tahanan, jaminan keamanan untuk Ukraina serta pengadilan bagi mereka yang bertanggung jawab atas agresi.

Dalam pernyataan terpisah, konsultan Timur Tengah di yayasan politik Jerman, Konrad Adenauer Foundation (KAS) Simon Engelkes, menilai rencana konferensi perdamaian itu menunjukkan adanya keinginan Arab Saudi untuk membantu mengakhiri konflik.

Baca Juga: AS Tahan Dua Prajurit yang Diduga Bocorkan Informasi Militer Sensitif ke Cina

“Jeddah melihat rencana 10 poin perdamaian Presiden Zelenskyy akan menjadi dasar pembicaraan harus dilihat sebagai tanda dukungan untuk Ukraina,” kata Engelkes.

Lebih lanjut, Engelkes menganggap Arab Saudi mungkin berupaya memperluas pengaruhnya di luar kawasan Timur Tengah. Namun, ia meragukan adanya terobosan nyata yang dapat mengakhiri perang di Ukraina karena Rusia tidak dilibatkan. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER