Senin, 26 Februari 2024

Usai diselidiki, Badan Investigasi Rusia Konfirmasi Kematian Prigozhin

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Komite Investigasi Nasional Rusia mengatakan bahwa tes genetik yang dilakukan telah mengkonfirmasi bahwa Yevgeny Prigozhin, pemimpin kelompok tentara bayaran Wagner, memang benar menjadi salah satu korban kecelakaan pesawat pada beberapa waktu lalu.

“Sebagai bagian dari penyelidikan kecelakaan pesawat di wilayah Tver, pemeriksaan genetik molekuler telah selesai,” kata Komite Investigasi Rusia melansir The Moskow Times, Senin (28/8).

Baca Juga: Kremlin Tolak Tuduhan Pembunuhan Pemimpin Wagner: Kebohongan Mutlak

Lebih lanjut, mereka juga membenarkan data dari Badan Penerbangan Rusia yang sebelumnya mempublikasikan nama 10 orang yang berada di pesawat bisnis Embraer-135 (EBM-135BJ) yang jatuh di wilayah Tver. Diantara korban itu termasuk Prigozhin dan Dmitry Utkin, tangan kanannya yang membantu mendirikan grup Wagner.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan, identitas 10 orang yang tewas telah diketahui. Mereka sesuai dengan daftar yang tercantum dalam laporan Badan Penerbangan,” katanya.

Baca Juga: Australia dan Filipina Gelar Latihan Bersama di Laut Cina Selatan

Sementara, kelompok pro-Wagner berspekulasi mengenai kebenaran kematian Prigozhin. Dugaan itu muncul karena ia merupakan sosok yang menginisiasi pemberontakan di Rusia pada Juni lalu. Kala itu, Prigozhin bersama pasukan Wagner berupaya menggulingkan kepemimpinan Kementerian Pertahanan Rusia.

Kini tentara bayaran Wagner disebut telah meninggalkan Ukraina dan beberapa pindah ke negara tetangganya yaitu Belarus. Langkah itu dilakukan atas kesepakatan yang dibentuk untuk mengakhiri pemberontakan mereka.

Selain itu, muncul dugaan dari para pengamat militer Rusia yang menyebut sebagian tentara Wagner akan bergabung dalam Angkatan Bersenjata Rusia. Disaat yang bersamaan, mungkin sebagian dari mereka juga akan bertindak atas kematian mendadak pemimpinnya. Sebab, para tentara Wagner itu memiliki loyalitas yang tinggi. (bp)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER

Jenderal Asal Timor Leste Jadi Danrem 161/Wira Sakti

Daftar Lengkap 33 Pati TNI AD yang Dirotasi dan Mutasi

Daftar Lengkap 20 Pati TNI AD yang Naik Pangkat