Kamis, 30 Mei 2024

Ukraina Klaim Lakukan Serangan Balasan Skala Besar di Wilayah Bagian Tenggara

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Ukraina mengklaim bahwa pihaknya telah melancarkan serangan balasan skala besar terhadap pasukan Rusia. Serangan itu difokuskan untuk merebut kembali wilayah bagian tenggara Ukraina.

Dilansir dari AP, Jumat (28/7), Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyebut pasukan negaranya telah memperkuat serangan balasan. “Pasukan kami di garis depan telah berjuang dengan hasil yang sangat bagus,” katanya.

Baca Juga: Pererat Kerja Sama Pertahanan, AS akan Kirim Kapal Penjaga Pantai ke Papua Nugini

Senada, Otoritas militer Ukraina mengklaim serangan balasan kini fokus pada wilayah bagian tenggara. Ukraina juga disebut telah memukul mundur Rusia di sepanjang garis depan sekitar 1.000 kilometer dengan bantuan senjata dari barat.

Dalam pernyataan terpisah, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken turut mengatakan “pertempuran sangat sengit” sedang terjadi selama beberapa minggu terakhir.

Baca Juga: Presiden Korea Utara Pamer Rudal Balistik Jarak Jauh ke Menhan Rusia

“Kami percaya bahwa alat, pelatihan dan saran yang telah kami bagikan dengan pihak Ukraina selama berbulan-bulan menempatkan mereka pada posisi yang baik menuju kesuksesan dalam memulihkan wilayah yang telah diambil Rusia dari Ukraina,” kata Blinken saat berkunjung ke Selandia Baru.

Sementara, Presiden Rusia Vladimir Putin menilai serangan Ukraina “tidak berhasil”. Menurutnya, upaya Ukraina itu telah ditangani dengan baik oleh pasukannya. “Semua upaya serangan balik dihentikan, dan Ukraina telah dipukul mundur dengan banyak korban,” katanya. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER