Jumat, 19 April 2024

Ukraina akan Produksi Satu Juta Unit Drone Tahun Depan

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa pihaknya akan meningkatkan produksi drone dalam negeri, mengembangkan infrastruktur untuk melatih operator drone sekaligus membentuk unit khusus.

“Saya positif dalam meningkatkan produksi drone dan membentuk unit khusus. Harus ada infrastruktur untuk pengoperasian drone. Yang terbaik, bukan buatan Soviet, tapi sangat mudah digunakan da sangat cepat,” kata Zelensky melansir President.gov.ua, laman resmi kepresidenan Ukraina, Rabu (20/12).

Baca Juga: Salah Identifikasi Sasaran, Israel Tembak Warganya di Gaza

Ukraina telah berupaya meningkatkan produksi senjata dalam negeri sejak dimulainya ‘operasi khusus’ Rusia pada Februari tahun lalu. Drone semakin memainkan peran sentral di medan perang dan digunakan dalam jumlah besar oleh kedua negara. Sejalan dengan itu, Ukraina akan memproduksi sekitar 1 juta drone FPV di tahun depan.

“Kami akan memproduksi satu juta drone tahun depan. Kami akan melakukan segalanya untuk mewujudkannya. Begitulah yang akan terjadi,” tegasnya.

Baca Juga: Denmark dan AS Sepakati Kerja Sama Pertahanan

Selain drone, produksi artileri dan amunisi pun akan dimaksimalkan. Ia memandang perlunya perubahan sistem logistik dan penghapusan birokrasi dalam proses penyediaan alutsista termasuk drone militer di medan tempur.

“Ada banyak persoalan yang berbeda-beda. Kita harus mengatasinya. Kita tidak bisa bersantai-santai saja,” pungkasnya. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER